Tujuan Organisasi Kerjasama Antar Negara di Asia Pasifik

Tujuan Organisasi Kerjasama Antar Negara di Asia Pasifik

June 29, 2021 Off By ashipner

Tujuan Organisasi Kerjasama Antar Negara di Asia Pasifik – APEC saat ini sudah melakukan banyak hal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi setiap negara anggotanya terutama di tengah berkembangnya ekonomi internasional. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja ada banyak tujuan yang dilakukan olehnya. Baik itu dalam bidang fasilitas usaha, teknik, kerjasama ekonomi, investasi, hingga perdagangan.

  • Tujuan Organisasi Kerjasama APEC

Asiapacificpartnership – Dalam sejarahnya APEC sudah melakukan banyak hal yang memang disepakati oleh banyak pihak termasuk setiap negara anggotanya. Hal tersebut tidak heran jika membuat banyak hal begitu bertentangan. Adapun yang paling dipertahankan adalah mengenai isu ekonomi. Hal inilah mengapa terdapat tujuan dari organisasi tersebut. Berikut beberapa tujuannya:

1. APEC merupakan forum ekonomi dengan tujuannya yakni mendorong sekaligus memberikan fasilitas kegiatan investasi dan perdagangan yang lebih terbuka dan juga bebas terutama yang ada di wilayah Asia Pasifik.

2. Tujuan selanjutnya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi pada kawasan Asia Pasifik agar nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi setiap negara anggotanya.

3. Tidak hanya itu saja, keberadaan APEC juga sudah menjadi tempat usaha negara maju untuk membantu negara lainnya yang masih dalam keadaan berkembang.

4. APEC juga memiliki tujuan dalam meningkatkan kerjasama antar negara anggota untuk mengembangkan kapasitas ekonomi negara anggotanya masing-masing.

5. Tujuan lainnya adalah memperjuangkan kepentingan ekonomi dalam kawasan tersebut pada tengah perkembangan ekonomi secara internasional.

6. Selain itu, organisasi ini juga memiliki tujuan dalam menjalankan kebijakan ekonomi secara sehat yakni dengan tingkat inflasi yang jauh lebih rendah.

7. Organisasi ini juga bertujuan untuk mengurangi hingga mengatasi adanya sengketa ekonomi perdagangan yang terjadi antar anggota.

Itulah beberapa tujuan dari organisasi tersebut yang sudah melakukan kerjasama antar negara-negara yang ada di kawasan Asia Pasifik. APEC sendiri secara umum memiliki tujuan dalam meningkatkan kerjasama dalam hal liberal perdagangan dan hal lain dalam bidang ekonomi antar wilayah tersebut. Adapun sejarah berdirinya organisasi tersebut agar setiap negara dapat memperoleh kerjasama dalam bidang ekonomi regional yang ada pada wilayah Asia Pasifik.

Adapun setiap tujuan yang disebutkan tersebut harus memenuhi beberapa hal terlebih dahulu. Tidak lain yakni setiap keputusan yang diambil harus terlebih dahulu disepakati oleh setiap negara anggotanya. Selain itu, seluruh kesepakatan dalam forum yang ada tersebut perlu dilakukan secara sukarela dan tidak mengikat antar anggotanya. Kemudian, untuk pelaksanaan keputusan tersebut juga perlu dilakukan secara bersama-sama.

Setiap ekonomi yang maju diharapkan dapat melakukan liberalisasi. Hal ini berarti akan ada banyak perundingan yang perlu dilakukan oleh organisasi besar tersebut. Awalnya organisasi ini sendiri hanya untuk kepentingan bersama. Termasuk Indonesia yang menjadi salah satu anggotanya.

Organisasi ini sendiri didirikan saat terjadi pertemuan tingkat menteri antar negara yang ada di kawasan Asia Pasifik di Australia. APEC sendiri dibentuk pada tahun 1989 yang mana Australia merupakan negara pertama yang sangat bersejarah dalam pembentukan organisasi tersebut. Pembentukan organisasi ini sendiri pada dasarnya hanya ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan anggotanya pada kawasan Asia Pasifik.

Baca juga : Mengenal APEC Atau Asia Pacific Economic Cooperation

APEC juga memiliki peran penting dalam memperjuangkan kepentingan ekonomi yang ada di tengah-tengah perkembangan ekonomi internasional yang ada. Anda tentu dapat melihat dengan jelas setiap tujuan organisasi dalam bidang ekonomi yang satu ini dalam membantu setiap negaranya. Indonesia sendiri mendapatkan pengaruh besar atas organisasi tersebut.

Terlebih, APEC juga memberi dukungan atas peningkatan perdagangan yang ada di Indonesia sekaligus membantu banyak hal demi menunjang pertumbuhan ekonomi bangsa menjadi jauh lebih baik. Tidak heran jika keberadaannya menjadi sangat penting demi kepentingan masyarakat, budaya, dan juga sosial.