Sejarah dan Latar Belakang Kerjasama Ekonomi Antar Asia Pasifik

Sejarah dan Latar Belakang Kerjasama Ekonomi Antar Asia Pasifik

July 1, 2021 Off By ashipner

Sejarah dan Latar Belakang Kerjasama Ekonomi Antar Asia Pasifik – APEC atau Asia-Pacific Economic Cooperation merupakan salah satu organisasi kerjasama ekonomi antar negara yang ada di Asia Pasifik. Organisasi ini sendiri sudah didirikan sejak tahun 1989. Adapun tujuannya yakni untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi serta dalam rangka mempererat komunitas negara di area tersebut. Di bawah ini sejarah dan latar belakang berdirinya organisasi tersebut

Sejarah Berdirinya APEC

Asiapacificpartnership – Perlu Anda ketahui bahwa dahulunya APEC mulai dibentuk dengan pemikiran bahwa dinamika perkembangan yang ada di wilayah Asia Pasifik semakin kompleks. Hal tersebut juga diwarnai oleh perubahan besar pada investasi, pola perdagangan, teknologi, arus keuangan dan masih banyak lagi. Tidak heran jika diperlukan adanya konsultasi serta kerjasama yang dibentuk lingkup intra-regional.

APEC sendiri memiliki anggota yang cukup beragam wilayahnya. Setiap wilayah juga memiliki kekayaan alam masing-masing disertai dengan tingkat pembangunan ekonomi yang berbeda-beda. Oleh karena itulah, pada tahun-tahun pertama berdirinya organisasi tersebut kegiatan yang dilakukan berfokus pada pertukaran pandangan serta pelaksanaan proyek berdasarkan inisiatif dan kesepakatan bersama.

Saat ini sendiri organisasi ekonomi antar negara di wilayah Asia-Pasifik ini sendiri terdiri dari 21 negara yang ada di seluruh dunia. Adapun kebanyakan anggotanya adalah negara yang memang memiliki garis pantai menuju Samudera Pasifik. Untuk letak sekretariatnya sendiri berada di Singapore. Indonesia juga termasuk salah satu anggota organisasi yang satu ini.

Pada awalnya, hanya terdapat 12 negara saja sebagai pendiri dari organisasi tersebut. Mulai dari Australia, Kanada, Brunei Darussalam, Indonesia, Korea, Jepang, Malaysia, Filipina, Selandia Baru, Thailand, Singapura, serta Amerika Serikat. Kemudian sejak saat tersebut sudah menjadi wahana utama pada kawasan Asia-Pasifik untuk meningkatkan keterbukaan serta praktek kerjasama dalam bidang ekonomi.

Tidak heran jika secara tidak langsung dapat menjadi daya tarik bagi beberapa negara lainnya. Seperti China, Hongkong-Cina, Chinese-Taipei, Papua New Guinea, Chili, Meksiko, Vietnam, Peru, dan Rusia.

APEC sendiri merupakan salah satu forum kerjasama ekonomi utama di kawasan Asia-Pasifik. Terdapat tiga pilar yang melandaskan kerjasama pada organisasi tersebut. Diantaranya yakni:

1. Fasilitas bisnis dan kerjasama ekonomi
2. Liberalisasi perdagangan dan investasi
3. Teknik (ECOTECH)

Sejarah dan Latar Belakang Kerjasama Ekonomi Antar Asia Pasifik

Latar Belakang Pendirian APEC

APEC atau Asia-Pacific Economic Cooperation awalnya terbentuk dalam sebuah pertemuan tingkat menteri yang ada di Canberra, Australia. Adapun gagasan dari organisasi tersebut muncul atas pendapat dari Robert Hawke, yang merupakan seorang PM Australia pada saat itu. Adapun pembentukan organisasi kerjasama yang satu ini memiliki latar belakang. Di bawah ini beberapa faktor yang melatar belakanginya:

1. Dinamika globalisasi
Adanya dinamika proses globalisasi telah memberikan dampak yang sangat luas di berbagai belahan bumi tidak terkecuali kawasan Asia-Pasifik. Tidak heran apabila negara yang ada pada kawasan tersebut dituntut untuk melakukan penyesuaian lewat perubahan struktur ekonomi dengan tujuan agar tidak merugikan mereka.

Adapun perubahan tersebutlah yang mendorong perekonomian berbagai negara yang ada di kawasan tersebut menjadi saling ketergantungan.

2. Perubahan politik
Munculnya perubahan dalam konstelasi politik dunia seperti adanya kelompok perdagangan regional yang bersifat tertutup cenderung membedakan kedudukan negara yang ada di Asia-Pasifik.

3. Perubahan politik dan ekonomi
Yakni adanya perubahan besar terutama dalam bidang ekonomi dan politik yang terjadi serta berlangsung di Uni Soviet serta Eropa Timur saat itu.

4. Perdagangan dan investasi
Contohnya dari kerjasama antar regional seperti NAFTA atau North American Free Trade Area. Yakni merupakan kerjasama ekonomi antar negara di Amerika Utara.

Atas beberapa faktor itulah kerjasama APEC terus dilakukan sehingga semakin tangguh dan kuat pada kawasan tersebut. Adapun kerjasama tersebut memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan dukungan terhadap sistem perdagangan demi menunjang pertumbuhan ekonomi regional terutama di kawasan Asia-Pasifik.