Peran APEC sebagai Organisasi Kerjasama di Asia Pasifik

Peran APEC sebagai Organisasi Kerjasama di Asia Pasifik

June 30, 2021 Off By ashipner

Peran APEC sebagai Organisasi Kerjasama di Asia Pasifik – Saat ini ada banyak negara yang berada di kawasan Asia Pasifik yang saling bergantung. Hal tersebut tidak lain karena hubungan antar negaranya yang memang dapat memberikan pengaruh kepada rakyat. Terlebih adanya perubahan yang cukup besar dalam bidang ekonomi dan politik yang terjadi di Uni Soviet dan Eropa Timur membuat organisasi APEC tersebut terbentuk.

Hingga saat ini sendiri ada banyak peran APEC untuk Indonesia. Terlebih Indonesia juga termasuk salah satu negara anggota dari organisasi tersebut yang ingin juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Di bawah ini beberapa perannya untuk Indonesia.

Peran APEC Untuk Indonesia

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak peran APEC untuk Indonesia. APEC ini sendiri termasuk sebagai forum kerjasama yang dibuat untuk meningkatkan kerjasama sekaligus ekonomi setiap negara anggotanya. Di bawah ini merupakan beberapa peran APEC untuk Indonesia yang bisa Anda ketahui lebih lanjut tersebut:

1. Sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas serta daya saing Indonesia. Tepatnya lewat berbagai proyek pelatihan teknis.

2. Sebagai sarana untuk membangun hubungan serta kepercayaan dengan negara anggota yang lainnya.

3. Sebagai sarana yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa pada dasarnya pasar Asia Pasifik masih tetap terbuka bagi produk ekspor unggulan dari Indonesia.

4. Dapat menstabilitaskan pertumbuhan ekonomi pada kawasan tersebut dengan pertukaran informasi kebijakan.

5. APEC juga berperan sebagai sarana untuk meningkatkan nilai investasi dalam sebuah negara.

6. Keberadaannya juga dapat menciptakan kondisi yang jauh lebih mendukung dalam hal peningkatan perdagangan kawasan.

7. Sebagai sarana pembahasan yang sudah ada setelah sebelumnya terdapat berbagai macam perdebatan.

8. Dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara Indonesia dengan lebih berkualitas.

9. Dapat mempermudah serta memberikan fasilitas terutama dalam dunia usaha.

10. APEC juga sudah membuat banyak perubahan terhadap negara-negara yang sudah mendukung keberadaannya.

Itulah mengapa APEC saat ini dapat menjadi salah satu organisasi resmi yang dibuat untuk memperoleh forum berkembang lebih maju. APEC juga dapat bekerja dalam membangun kebijakan anti-proteksionis antar anggotanya. Yakni dengan cara mengurangi tarif sekaligus menghilangkan setiap penghalang dari proses perdagangan bebas.

Asiapacificpartnership – APEC juga dapat menyatukan sumber daya dari negara anggota sehingga dapat meningkatkan kemakmuran pada individu maupun sebuah bisnis. APEC juga dapat bermanfaat dalam memberikan kesempatan setiap negara anggotanya untuk menciptakan lebih banyak lagi peluang tempat kerja. Tidak hanya itu saja, keberadaan APEC juga membuat harga jasa dan barang jauh lebih murah. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan meningkatnya kemampuan dalam berpartisipasi di pasar skala internasional.

Peran APEC sebagai Organisasi Kerjasama di Asia Pasifik

Tiga Bidang Utama Fokus APEC

Tentu saja APEC memiliki peran yang cukup penting bagi setiap negara anggotanya, termasuk Indonesia. tentu saja dalam menjalankan peran tersebut terdapat bidang utama yang sangat difokuskan oleh organisasi tersebut. Setidaknya terdapat tiga bidang utama yang difokuskan. Diantaranya yakni:

1. Liberalisasi perdagangan & investasi
Dalam bidang yang satu ini nantinya APEC bekerja dengan cara mengurangi tarif sekaligus menghapus hambatan-hambatan lainnya yang dapat mengganggu terwujudnya perdagangan bebas.

2. Fasilitas bisnis
Tidak hanya itu saja, fokus utama dari APEC juga memberikan fasilitas interaksi bisnis antar negara anggotanya. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengurangi biaya bisnis, meningkatkan hubungan eksportir dan importir, serta berbagai informasi mengenai bidang perdagangan.

3. Kerjasama Ekonomi dan Teknik (ECOTECH)
Program yang satu ini akan memberikan kesempatan pada setiap negara anggota yakin dalam meningkatkan pendidikan serta pelatihan di bidang perdagangan internasional.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap negara anggota APEC akan melakukan pertemuan rutinnya sejak tahun 1993. Pertemuan tersebut dilakukan setiap tahunnya dengan tamu rumah yang bergiliran. Tentu saja akan ada banyak peran yang dapat diwujudkan bagi setiap anggota nantinya.