Mengenal Lebih Jauh Mengenai Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)

August 7, 2020 0 By ashipner

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) – Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) merupakan salah satu forum kerjasama ekonomi yang melingkupi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Negara yang menjadi anggota APEC disebut dengan Ekonomi. APEC telah didirikan sejak tahun 1989. Saat ini, APEC memiliki 21 Ekonomi anggota yang melingkupi negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina. Selain itu, ada negara di Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan, Cina, Hongkong, dan Taipei. Sementara itu ada beberapa negara lain dari daerah lain seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Amerika Serikat, Meksiko, Peru, Papuan Nugini dan Cili. Tujuan utama dari APEC adalah peningkatan kerjasama ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Untuk itu, pada tahun 1994, diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Bogor yang membahas tentang target dari APEC. Target tersebut dikenal dengan nama “The Bogor Goals”.

Lantas, bagaimana mekanisme pertemuan yang ada di APEC. Secara umum, pertemuan anggota Ekonomi APEC dimulai dari pertemuan Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan APEC dalam suatu pertemuan yang diberi nama APEC Ministerial Meeting atau AMM. Setelah itu, Pejabat Tinggi atau Senior Officials menindaklanjuti hasil kesepakatan yang dihasilkan oleh AMM dalam sebuah pertemuan yang diadakan setidaknya tiga kali dalam setahun. Hasil pertemuan dari para Pejabat Tinggi yang sering disebut dengann Senior Officials Meeting (SOM) ditindaklanjuti oleh Komite, Fora, Subfora, dan Working Groups. Sampai saat ini, ada kurang lebih 34 fora, subfora, dan working groups yang bekerja dan mengadakan pertemuan secara rutin. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya beberapa isu mengenai perdagangan dan investasi di kawasan Asia Pasific. Setiap pemimpin dari masing-maisng Ekonomi anggota APEC juga mengikuti pertemuan setahun sekali yang diberi nama APEC Economic Leader’s Meeting (AELM). Semua pertemuan tersebut diupayakan dalam rangka mencapai tujuan utama dari APEC.

Sebagai salah satu Ekonomi di APEC, Indonesia juga turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan APEC. Salah satunya adalah melalui beberapa lembaga yang menjadi focal point APEC di Indonesia. Secara umum, koordinator nasional Indonesia yang menjadi penanggung jawab APEC ada di bawah naungan Kementrian Luar Negeri. Selain itu, Indonesia juga berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan APEC termasuk dalam kegiatan fora dan subfora. Beberapa kementrian dan lembaga nasional yang terkat dalam bidang kerja fora dan subfora ikut dalam kerjasam tersebut. Misalnya, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian yang terlibat dalam proyek kerja Economic Committee (EC). Sementara itu, Kementrian Perdagangan berpatisipasi dalam kegiatan yang diselanggarakan oleh Committee on Trade and Investment (CTI). Kementrian PPN / Bappenas juga berpastisipasi aktif pada SOM Steering Committe on Economic and Technical Cooperation (SCE).

Partisipasi Indonesia dalam APEC juga memberikan beberapa manfaat yang cukup besar bagi Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah jumlah investasi yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu, pasar ekonomi yang ada di kawasan Asia Pasifik dapat dijadikan sebagai salah satu pasar terbuka yang menjanjikan bagi produk ekspor Indonesia. Setiap tahunnya, terjadi kenaikan produk ekspor yang ada di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, keikutsertaan Indonesia dalam APEC juga dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas yang dimiliki Indonesia. Hal ini juga berlaku dengan peningkatan daya saing Indonesia. APEC juga digunakan untuk meningkatkan kerjasama dan saling percaya antara negara yang ada di wilayan Asia Pasifik.