Mengenal APEC Atau Asia Pacific Economic Cooperation

Mengenal APEC Atau Asia Pacific Economic Cooperation

June 28, 2021 Off By ashipner

Mengenal APEC Atau Asia Pacific Economic Cooperation – Siapa yang belum mengenal APEC? APEC merupakan salah satu organisasi yang bertujuan untuk membentuk kerjasama dalam bidang ekonomi. Organisasi ini sendiri sudah didirikan pada tahun 1989 di Australia. Adapun sejarah berdirinya organisasi tersebut dimulai dengan meningkatnya globalisasi serta pertumbuhan perdagangan blok regional.

Beberapa Negara Anggota APEC

Asiapacificpartnership – APEC pada dasarnya dibuat dengan tujuan untuk memberikan dorongan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan negara anggotanya yang ada di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut diwujudkan dengan cara memberikan fasilitas dan dorongan terhadap perdagangan maupun investasi yang lebih terbuka dan bebas. Tidak heran jika kerja sama ekonomi antar anggota juga dapat meningkat. Di bawah ini beberapa negara anggota APEC tersebut:

1. Australia
2. Kanada
3. Indonesia
4. Brunei Darussalam
5. Malaysia
6. Korea Selatan
7. Jepang
8. Thailand
9. Singapura
10. Filipina
11. Vietnam
12. Selandia Baru
13. Amerika Serikat
14. Hong Kong
15. China
16. Chili
17. Taipei
18. Papua Nugini
19. Meksiko
20. Rusia
21. Peru

Keberadaan negara anggota tersebut termasuk sebagai kerjasama nonpolitis. Tidak heran jika setiap interaksi yang dilakukan bukan dalam bentuk negara akan tetapi entitas ekonomi. Nantinya, keberadaan APEC tersebut dapat memastikan bahwa jasa, barang, investasi, maupun pergerakan manusia dapat lebih mudah melintasi setiap perbatasannya.

Tidak hanya itu saja, setiap negara anggota APEC juga mendapatkan fasilitas perdagangan tersebut dengan prosedur yang jauh lebih cepat dan juga menguntungkan pada setiap wilayahnya. Hal tersebut dapat menyebabkan sebuah produk maupun jasa lebih mudah diekspor meski hanya dengan memakai standar umum pada seluruh kebijakan ekonomi dari negara anggota APEC.

Keberadaan APEC sendiri tentu sangat membantu setiap negara anggotanya dalam pertumbuhan ekonomi yang ada. APEC bahkan memberikan fasilitas berupa pelatihan keterampilan digital serta pemberdayaan masyarakat sehingga dapat lebih mudah bersaing hingga melakukan kegiatan ekspor ke luar negeri.

APEC sendiri juga menerapkan inisiatifnya dalam keperluan meningkatkan efisiensi energi serta pengelolaan sumber daya hutan maupun laut secara berkelanjutan. Tentu saja, Indonesia akan mendapatkan banyak manfaat sebagai salah satu negara anggota organisasi tersebut.

4 Prinsip Kerjasama APEC

APEC sendiri memiliki prinsip kerjasama yang dibangunberdasarkan prinsip sejarha berdirinya organisasi tersebut. Dimana nantinya setiap anggota dapat menjalankan setiap komitmen tersebut. Di bawah ini merupakan beberapa prinsip kerjasamanya yang bisa Anda ketahui:

1. Sukarela dan tidak mengikat
Hal ini berarti setiap kesepakatan yang diambil dalam forum yang sudah diadakan tersebut dilakukan secara sukarela dan memiliki sifat yang tidak mengikat setiap negara anggotanya.

2. Konsensus
Artinya setiap keputusan yang berlaku di APEC harus mendapat kesepakatan dan bermanfaat bagi seluruh ekonomi anggotanya.

3. Keputusan bersama
Setiap pelaksanaan keputusan organisasi APEC nantinya dilakukan secara bersama-sama. Hal tersebut nantinya disesuaikan dengan kemampuan tiap ekonomi anggotanya tanpa adanya syarat resiprositas tertentu.

4. Liberalisasi ekonomi anggota
Hal tersebut berarti setiap ekonomi yang maju diharapkan dapat melakukan sistem liberalisasi terlebih dahulu bagi para anggota lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai APEC sebagai organisasi kerjasama ekonomi antar negara yang ada di kawasan Asia Pasifik. Tentu saja, keberadaan organisasi tersebut sangat bermanfaat bagi negara Indonesia. Antara lain dalam membangun hubungan saling menguntungkan dan membangun kepercayaan dengan negara lainnya.

APEC juga bermanfaat sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan daya saing negara Indonesia. Dengan begitu kawasan Asia Pasifik akan tetap terbuka bagi setiap produk unggulan yang diekspor oleh pemerintah Indonesia. Hal tersebut tentu dapat turut meningkatkan perdagangan Indonesia.