Berbagai Manfaat Kerjasama Antar Negara di Asia Pasifik

Berbagai Manfaat Kerjasama Antar Negara di Asia Pasifik

July 2, 2021 Off By ashipner

Berbagai Manfaat Kerjasama Antar Negara di Asia Pasifik – APEC merupakan salah satu organisasi kerjasama ekonomi di wilayah Asia Pasifik. Organisasi yang satu ini sudah didirikan dari tahun 1989. Yakni saat pertemuan tingkat menteri negara Asia Pasifik yang diadakan pada Canberra, Australia. Keberadaannya berperan sebagai forum ekonomi untuk meningkatkan perdagangan dan kerjasama ekonomi. Lantas apa saja manfaat dari organisasi tersebut?

Manfaat Organisasi Kerjasama Asia Pasifik

Asiapacificpartnership – Pada dasarnya APEC didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan serta pertumbuhan ekonomi terutama pada negara yang ada di kawasan Asia Pasifik. Tujuan lainnya yakni demi memperjuangkan kepentingan ekonomi yang ada di wilayah tersebut di tengah-tengah semakin berkembangnya ekonomi internasional saat ini. Adapun latar belakang berdirinya organisasi ini adalah kebutuhan pembangunan ekonomi.

Pada saat itu diperlukan pembangunan ekonomi yang lebih lanjut akibat globalisasi sistem perdagangan serta perubahan berbagai situasi ekonomi dan politik yang berlangsung sejak 1980-an. Adapun pengaruh lain dari pendirian organisasi tersebut adalah kondisi ekonomi serta politik yang berubah secara cepat pada kawasan Eropa Timur serta Uni Soviet, adanya kekhawatiran terhadap gagalnya perundingan Putaran Uruguay sehingga muncul kelompok regional tertentu.

Latar belakang lainnya adalah adanya saling ketergantungan antar negara yang ada di kawasan tersebut. Sementara itu, adapun beberapa manfaatnya seperti di bawah ini:

1. Adanya APEC dapat memberikan beberapa manfaat kepada setiap negara anggotanya. Terutama mereka yang merupakan negara masih berkembang termasuk Indonesia dan lainnya. Nantinya hal tersebut dapat menyebabkan harga jasa dan barang menjadi jauh lebih murah. Dengan begitu dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpartisipasi dalam meningkatkan kegiatan meningkatkan ekspor antar negara.

2. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan perdagangan bebas bagi setiap negara anggotanya terutama pada kawasan Asia Pasifik. APEC juga bermanfaat dalam meningkatkan arus barang serta jasa. Dengan begitu, dapat lebih mudah dalam memajukan pertumbuhan ekonomi setiap negara anggotanya. APEC juga dapat bermanfaat dalam membuka pasar baru bagi mereka yang bergerak di bidang industri dalam negeri sehingga semakin meningkat penjualannya.

Baca juga : Sejarah dan Latar Belakang Kerjasama Ekonomi Antar Asia Pasifik

3. Keberadaan APEC juga menjadi salah satu organisasi yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah impor dan ekspor sekaligus meningkatkan ekonomi setiap negara anggotanya.

4. Tidak hanya itu saja, APEC juga dapat bermanfaat untuk setiap negara anggotanya yakni dengan menciptakan lebih banyak kesempatan tempat kerja. Hal tersebut juga dapat membuat negara anggotanya menjadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan negara mereka masing-masing. Serta dalam menjalin kerjasama sehingga dapat lebih mudah melakukan tolong menolong antar anggotanya sehingga dapat meningkatkan kedamaian dunia bahkan ketertiban tingkat internasional.

5. APEC juga dapat meningkatkan peran swasta dalam bidang liberalisasi perdagangan. Terlebih salah satu pilar yang dimiliki adalah untuk memberikan fasilitas perdagangan serta investasi secara langsung.

6. APEC sendiri merupakan organisasi yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk bertukar pengalaman. Untuk itulah, forum tersebut secara tidak langsung dapat memberi manfaat besar. Terutama yakni dalam menarik pengalaman positif dan negatif serta berbagai pelajaran antara negara anggotanya. Terutama dalam hal pembuatan dan pengambilan kebijakan investasi maupun liberalisasi perdagangan.

APEC ini sendiri sudah melaksanakan langkah besar dalam menjalankan kerjasama di bidang ekonomi. Tidak heran jika organisasi ini juga sudah menjadi forum konsultasi, dialog, serta lembaga informal dimana kerja sama ekonominya memiliki pedoman lewat pendekatan liberalisasi bersama. Yakni berdasarkan sukarela serta inisiatif secara kolektif. Hingga saat ini ada banyak keberhasilan yang terjadi akibat konsultasi intensif tersebut antar 21 negara anggota yang sudah tergabung.