Tujuan, Prinsip, dan Manfaat dari Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)

Tujuan, Prinsip, dan Manfaat dari Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)

August 24, 2020 0 By ashipner

Tujuan, Prinsip, dan Manfaat dari Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) – Saat ini, untuk menjamin adanya keadaan ekonomi yang sesuai bagi setiap negara, terdapat beberapa forum kerjasama ekonomi yang dibentuk oleh beberapa negara terutama negara yang berada di satu kawasan yang sama. Hal inilah yang juga terjadi pada negara yang ada di kawasan Asia Pasifik. Beberapa negara membentuk suatu forum kerjasama di bidang ekonomi yang disebut dengan Asia Pasific Economic Cooperation atau APEC. Forum kerjasama ekonomi ini diprakarsai oleh Australia dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi ekonomi serta politik di tahun pembentukan. APEC didirikan pada tahun 1989 pada saat pertemuan ekonomi di Canberra Australia. Setiap negara yang bergabung dengan APEC disebut dengan Ekonomi anggota. Saat ini, APEC memiliki setidaknya 21 Ekonomi Anggota yaitu, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Chili, Peru, Selandia Baru, Australia, Papua Nugini, Indonesia, Filipina, Malaysia, Brunie Darussalam, Thailand, dan Singapura.

Tujuan dari dibentuknya APEC adalah menciptakan perdagangan bebas tanpa hambatan bagi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, peningkatan kualitas perdagangan dan investasi yang dilakukan oleh negara di kawasan Asia Pasifik. Hal ini tercermin pada kesepakatan yang diambil pada tahun 1994 yang disebut dengan The Bogor Goals. Sementara itu, untuk mewujudkan tujuan utama dari APEC, forum kerjasama ini mempunyai beberapa prinsip yang harus dijalankan oleh anggotanya yaitu perdagangan dan investasi yang lebih terbuka, fasilitas perdagangan dan investasi, serta kerjasama Ekonomi dan Teknik yang disebut dengan ECOTECH. Perdagangan dan investasi yang lebih terbuka memungkinkan negara anggota APEC dapat melakukan perdagangan tanpa adanya hambatan baik tarif maupun nontarif. Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan investasi serta kesejahteraan hidup masyarakat dari negara anggota APEC dapat meningkat. Sementara itu, fasilitas pedagangan dan investasi meliputi peningkatan akses informasi perdagangan, semakin mudahnya administrasi pada pelabuhan, pengurangan biaya transaksi serta penyesuaikan kebijakan antar negara anggota. Hal ini dimaksudkan untuk menurunkan harga barang dan jasa karena biaya produksinya turun dan meningkatkan efisiensi ekonomi di negara anggota APEC. Sementara itu, prinsip ketiga dari APEC yaitu adanya kerjasama ECOTECH memungkinkan adanya pelatihan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari anggota APEC. Semakin maju sumber daya manusia yang dimiliki, maka potensi pertumbuhan ekonomi juga semakin besar.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari adanya APEC baik untuk negara anggota APEC maupun kawasan Asia Pasifik. Manfaat APEC bagi anggotanya adalah meningkatkan kepercayaan dan hubungan diplomatis yang menguntungkan bagi sesama anggota APEC, meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dari negara anggota melalui berbagai pelatihan serta kelompok kerja APEC, meningkatkan kesempatan pasar bebas bagi produk ekspor negara anggota, serta meningkatkan investasi yang masuk bagi negara anggota. Oleh karena itu, penting adanya untuk memastikan bahwa kinerja APEC berfokus pada kerjasama ekonomi yang tidak ditumpangi dengan isu isu lain seperti politik dan keamanan.

Tujuan, Prinsip, dan Manfaat dari Asia Pasific Economic Cooperation

Sementara itu, manfaat APEC bagi kawasan adalah menjaga stabilitas ekonomi bagi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Hal ini terlihat pada tahun 2013 dimana laju pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik lebih tinggi dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi global. Selain itu, manfaat lain dari APEC bagi kawasan Asia Pasifik adalah terciptanya kondisi yang memungkinkan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas perdagangan di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, APEC juga memberikan fasilitas bagi perusahaan IDN Poker dan perusahaan dunia usaha lainnya melalui beberapa program yaitu APEC Business Travel Card (ABTC).